Jokowi Akan Jajal Mobil Listrik Rakitan Mahasiswa ITS 

Jokowi Akan Jajal Mobil Listrik Rakitan Mahasiswa ITS 

Metroterkini.com – Presiden Jokowi akan melakukan uji coba terhadap mobil listrik rakitan Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) di Jalan Tol Surabaya Mojokerto. Mobil yang bernama Ezzy ini rencannya akan langsung dikendarai oleh Presiden pada saat peresmian Jalan Tol Surabaya-Mojokerto yang memiliki panjang mencapai 15,5 km.

Sebelum dijajal oleh Jokowi di jalan tol tersebut, yang berkesempatan untuk terlebih dahulu melakukan uji coba pada mobil listrik besutan Dosen ITS Nur Yuniarto dan timnya ini adalah Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimoeljono.

Menteri PUPR setelah mencoba mobil ini menyatakan kalau dirinya cukup terkesan dengan performa yang telah ditunjukkan oleh Ezzy dan mengaku kalau mobil tersebut tetap terasa nyaman saat di tumpangi.

“Tadi saya coba kecepatan 60 km/jam. Rasanya nyaman dan seperti kebanyakan mobil lain, halus. Tidak beda jauh dengan mobil standar lainnya,” kata Menteri Basuki di Mojokerto, Selasa (19/12/17).

Sedangkan berdasarkan penyataan dari Nur Yuniarto, mobil listrik itu mampu melaju dengan kecepatan 60 km hingga 100 km/jam dan telah dipasangkan kapasitas listrik yang mencapai 20 kilovolt. Proyek yang dimulai sejak tahun 2014 in akan terus dikembangkan oleh ITS.

“Kami akan terus sempurnakan, saat ini kami masih mengandalkan sponsor untuk uji coba sampai benar-benar siap,” tuturnya.

Selain mobil listrik, ITS juga sedang berfokus terlebih dahulu pada penyempurnaan motor listrik. Pasalnya, jika tenaga listrik pada kendaraan roda dua itu habis maka masih ada cadangan tenaga listrik lainnya.

“Sebenarnya yang paling sempurna itu sepeda motor. Sebab kalau baterainya habis bisa ada baterai cadangan. Berbeda dengan mobil yang membutuhkan infrastruktur untuk pengisian dayanya,” jelasnya.

Mengenai pengisian daya baterainya, mobil listrik ini membutuhkan waktu selama 10 jam. “Maksimal bisa sampai Jakarta-Surabaya dengan kecepatan rata-rata 60 sampai 100 km/jam,” tutupnya. [***]

 

Berita Lainnya

Index